A. Komputer
1. Apa itu Komputer
?
Kata komputer berasal dari
bahasa Latin yaitu Computare yang artinya
menghitung.
Dalam bahasa Inggris
disebut to
compute.
Secara definisi
komputer diterjemahkan sebagai
sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja
sama, dapat menerima
data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara
kerja komputer dapat
kita gambarkan sebagai
berikut :
n Input Device, adalah perangkat-perangkat
keras komputer
yang berfungsi
untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard,
mouse, joystick dan
lain-lain.
o Prosesor, adalah perangkat
utama komputer yang mengelola seluruh
aktifitas
komputer itu sendiri. Prosesor terdiri
dari dua bagian utama, yaitu ;
• Control Unit (CU), merupakan
komponen utama prosesor
yang mengontrol semua perangkat yang terpasang
pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
• Arithmetic Logic
Unit
(ALU), merupakan bagian dari
prosesor yang
khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika
(perbandingan).
p Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini
terbagi atas dua macam, yaitu ;
• Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca
saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke
RAM.
Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah
untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah
untuk mencek semua peralatan
yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak
akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak
macamnya, al ;
a. PROM (Programable ROM), yaitu
ROM yang bisa kita program kembali
dengan catatan hanya
boleh satu kali perubahan
setelah itu tidak dapat lagi
diprogram.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali
sesuai
dengan yang diinginkan.
c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan
program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana
kita
dapat mengubah dan menghapus program
ROM dengan
menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang
paling banyak digunakan saat ini.
• Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat
artikan bahwa RAM
adalah memori yang dapat diakses secara
random. RAM
berfungsi untuk menyimpan program yang
kita olah untuk sementara
waktu (power on) jika komputer
kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat
pemroses data pada komputer.
Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada
saat komputer dimatikan, maka
diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card
dan lain-lain.
q Output Device, adalah perangkat
komputer yang
berguna
untuk
menghasilkan
keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor
(softcopy) atau keluaran
berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter,
monitor dan banyak yang lainnya.
Dari penjelasan diatas
dapat kita
simpulkan bahwa
prinsip kerja
komputer tersebut diawali
memasukan data dari
perangkat input, lalu data
tersebut diolah sedemikian rupa
oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori
komputer atau disk. Data
yang disimpan
dapat kita lihat hasilnya
melalui
perangkat keluaran.
2. Komponen-Komponen
Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama
yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer
yang dapat kita
lihat dan rasakan. Hardware ini
terdiri dari ;
Input/Output Device (I/O Device)
Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer. (lihat sub menu periferal)
Storage
Device (perangkat penyimpanan)
Merupakan
media untuk menyimpan data
seperti disket, harddisk,
CD-I,dll.
Monitor
/Screen
Monitor
merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor
disebut juga dengan Visual
Display Unit (VDU).
Casing Unit
Casing unit adalah tempat dari semua peralatan
komputer, baik itu motherboard,
card, peripheral lain
dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut
juga dengan System Unit.
Central
Procesing Unit (CPU)
Central Procesing Unit adalah salah satu bagian komputer yang paling
penting, karena jenis prosesor menentukan
pula jenis komputer. Baik tidaknya
suatu komputer, jenis
komputer, harga komputer,
ditentukan terutama oleh jenis
prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan
semakin baik dan biasanya harganya akan
semakin mahal.
Software
(perangkat
lunak),
merupakan program-program
komputer yang
berguna untuk menjalankan
suatu pekerjaan sesuai dengan
yang dikehendaki. Program tersebut
ditulis dengan bahasa
khusus yang dimengerti oleh komputer.
Software terdiri dari beberapa jenis,
yaitu ;
Sistem Operasi, seperti DOS,
Unix, Novell, OS/2, Windows, dll.
Adalah
software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat
yang terpasang pada komputer
sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa
ada sistem operasi maka komputer tak dapat
difungsikan sama
sekali.
Program Utility,
seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.
Program utility berfungsi
untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam
proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan
lagi
tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi,
seperti GL, MYOB, Payroll, dll.
Merupakan program yang khusus melakukan
suatu pekerjaan tertentu, seperti
program gaji
pada suatu
perusahaan. Maka program ini hanya
digunakan
oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen
yang lain. Biasanya
program aplikasi ini dibuat oleh seorang
programmer
komputer
sesuai dengan
permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan
guna keperluan interennya.
Program Paket, seperti MS-Word,
MS-Excel, Lotus 125, dll
Adalah program yang disusun
sedemikian
rupa sehingga dapat digunakan oleh
banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-Word, dapat
digunakan oleh
departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk
membuat
surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa
Pemrograman, Pascal, Fortran, Clipper,
dBase, dll.
Merupakan
software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program
paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
1. Low Level Language, bahasa
pemrograman generasi pertama, bahasa
pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena
instruksinya menggunakan
bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
2. Midle
Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah
dimana penggunaan instruksi
sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan- singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang
tergolong kedalam bahasa ini adalah
Assembler, ForTran (Formula
Translator).
3. High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi
yang mempunyai ciri
mudah dimengerti, karena menggunakan
bahasa sehari-hari, seperti BASIC,
COBOL, dBase dll.
Brainware (User), adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,
seperti Sistem analis, programmer, operator,
user, dll. Pada organisasi
yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal
dengan
bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut
dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
B. Jaringan Komputer
1.1 Definisi Jaringan Komputer
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model
komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kinitelah diganti dengan sekumpulan komputer yang
terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut
jaringan komputer (computer network).
1.1.1
Jaringan untuk perusahaan/organisasi
Dalam membangun jaringan komputer di perusahaan/ organisasi, ada beberapa
keuntungan yang dapat diperoleh dalam hal-hal resource sharing, reliabilitas tinggi, lebih ekonomis, skalabilitas,
dan media komunikasi.
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data
dapat digunakan oleh setiap orang yang
ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi
resource dan pemakai. jadi source sharing adalah suatu usaha untuk menghilangkan kendala jarak.
Dengan menggunakan
jaringan komputer akan
memberikan reliabilitas tinggi yaitu adanya sumber-sumber alternatif pengganti jika terjadi masalah pada salah satu
perangkat dalam jaringan, artinya karena perangkat yang
digunakan lebih dari satu jika
salah satu perangkat mengalami masalah, maka perangkat yang lain dapat menggantikannya.
Komputer yang kecil memiliki rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer besar. Komputer
mainframe memiliki kecepatan kurang lebih sepuluh
kali lipat kecepatan komputer pribadi,
akan tetapi harga
mainframe seribu kalinya lebih mahal. Dengan
selisih rasio harga/kinerja yang cukup besar ini menyebabkan
perancang
sistem memilih membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi dibanding menggunakan mainframe.
Yang dimaksud dengan skalabilitas yaitu kemampuan untuk meningkatkan
kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor. Pada komputer mainframe yang
tersentralisasi, jika
sistem sudah jenuh, maka
komputer harus diganti dengan komputer yang mempunyai kemampuan lebih besar.
Hal ini membutuhkan biaya yang sangat
besar dan
dapat
menyebabkan gangguan
terhadap
kontinyuitas
kerja para pemakai.
Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai media
komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang
atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah bekerja sama dalam menyusun
laporan.
1.1.2
Jaringan untuk umum
Apa yang telah diulas di atas bahwa minat untuk
membangun jaringan komputer
semata-mata hanya
didasarkan pada alasan ekonomi dan teknologi saja. Bila komputer mainframe yang besar dan baik dapat diperoleh dengan harga murah, maka akan banyak perusahaan/organisasi yang menggunakannya.
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan
di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada
perusahaan seperti
apa
yang telah diulas di atas. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan
komputer pada perorangan yaitu:
§ access ke informasi
yang berada di tempat yang jauh
§ komunikasi orang-ke-orang
§ hiburan interaktif.
Ada bermacam-macam bentuk access ke infomasi jarak jauh yang dapat dilakukan, terutama
setelah
berkembangnya teknologi internet , berita-berita di
koran sekarang dapat di down load ke komputer kita melalui internet, dan tidak hanya itu
sekarang
kita
dapat melakukan pemesanan suatu produk melalui internet, bisnis yang dikenal dengan istilah electronic commerce (e-commerce),
ini sekarang sedang berkemang dengan
pesat .
Dengan menggunakan internet kita juga dapat melakukan komunikasi orang-ke orang , fasilitas electronic mail (e-mail)
telah dipakai secara meluas oleh jutaan orang.
Komunikasi menggunakan
e-mail ini masih mengandung delay
atau waktu tunda.
Videoconference atau pertemuan maya merupakan
teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh tanpa delay. Pertemuan maya ini dapat pula digunakan untuk keperluan sekolah jarak jauh, memperoleh hasil pemeriksaan
medis seorang dokter yang berada di tempat yang jauh, dan
sejumlah aplikasi
lainnya.
Video
on demand merupakan daya tarik ketiga dai jaringan komputer bagi orang
per
orang dimana kita dapat memilih film atau acara televisi dari negara mana saja dan kemudian
ditampilkan di layar
monitor kita.
1.1.3 Masalah sosial
jaringan
Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan masalah-masalah
sosial,
etika, dan politik. Internet
telah
masuk ke segala penjuru kehidupan masyarakat,
semua orang dapat memanfaatkannya tanpa memandang
status sosial, usia, jenis
kelamin. Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama
subyeknya terbatas pada topik-topik teknis, pendidikan atau
hobi, hal-hal dalam
batas norma-norma kehidupan,
tetapi kesulitan mulai muncul bila suatu situs di internet mempunyai
topik yang sangat menarik
perhatian
orang,
seperti politik,
agama,
sex. Gambar-gambar yang dipasang di situs-situs tersebut mungkin akan merupakan sesuatu yang sangat
mengganggu bagi sebagian orang. Selain itu, bentuk pesan-pesan tidaklah terbatas hanya
pesan tekstual saja. Foto berwarna dengan resolusi tinggi dan bahkan video clip
singkatpun sekarang dapat dengan mudah disebar-luaskan melalui jaringan komputer. Sebagian orang dapat bersikap acuh tak acuh, tapi bagi sebgaian lainnya pemasangan materi
tertentu (misalnya pornografi
) merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima.
1.2 Macam Jaringan Komputer
Dalam mempelajari macam-macam jaringan komputer terdapat dua klasifikasi
yang sangat penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara garis
besar,
terdapat dua
jenis teknologi transmisi yaitu
jaringan broadcast dan jaringan point-to-point
Jaringan broadcast memiliki
saluran komunikasi tunggal yang
dipakai bersama-sama
oleh semua mesin yang ada pada jaringan.
Pesan-pesan berukuran kecil, disebut
paket, yang
dikirimkan oleh suatu mesin akan
diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada
sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket
tersebut ditujukan.
Saat
menerima paket,
mesin
akan mencek field alamat. Bila paket terserbut ditujukan untuk dirinya, maka
mesin akan memproses paket itu , bila paket ditujukan untuk mesin lainnya, mesin terserbut akan mengabaikannya.
Jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu
tujuan, sebuah paket pad
ajringan jenis ini mungkin harus melalui satu
atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui baynak route
yang mungkin berbeda jaraknya. Karena itu
algoritma rout memegang peranan
penting pada jaringan point-to-point.
Pada umumnya jaringan yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cendurung
memakai broadcasting, sedangkan jaringan yang lebih besar menggunakan point-to-point.